Tuesday, January 15, 2013
1
penulis : Ahmad Rifa'i dibuat : Jambi, 16 Februari 2012

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Banyak mahasiswa yang menganggap jika nilai akademik/ IPK tinggi akan menjamin keberhasilan mahasiswa dikemudian hari. Perlu diperhatikan bahwa nilai akademik / IPK (indeks prestasi komulatif) bukan satu-satunya yang menjadi tolak ukur keberhasilan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang lebih mementingkan nilai IPK tinggi daripada bagaimana cara penerapan pengetahuan yang mereka miliki dalam kehidupan nyata. Jadi IPK tinggi tidak ada manfaatnya apabila mahasiswa tersebut tidak memiliki pengalaman atau kemampuan dibidangnya dan juga tidak memiliki pengalaman untuk bersosialisasi dengan dunia luar. Contohnya sebuah perusahaan tidak akan menerima karyawan walaupun nilai IPK nya tinggi tetapi ia kurang berpengalaman, kurang bersosialisasi dengan orang lain apalagi ia memiliki etika yang buruk.

Unit kegiatan mahasiswa merupakan tempat mahasiswa untuk mengembangkan bakat, minat, keahlian dari masing-masing mahasiswa, dan kemampuan untuk bersosialisasi dengan dunia luar. Jadi, IPK tinggi tidak akan menjamin bahwa mahasiswa akan memperoleh keberhasilan. Tapi, kemampuan bersosialisasi yang telah didapatkan dalam mengikuti UKM adalah hal yang paling berharga dan sekaligus sebagai kunci keberhasilan mahasiswa dalam menghadapi dunia luar.

B. Rumusan Masalah
  1. Apakah pengertian Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) ?
  2. Apakah tujuan dan manfaat UKM ?
  3. Apa saja jenis-jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STIKOM DB JAMBI ?

C. Tujuan Penulisan

Tujuan dalam penulisan makalah ini agar kita dapat mengetahui betapa pentingnya unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam bersosialisasi dengan dunia luar dan juga dalam meningkatkan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi.


D. Manfaat Penulisan

Bisa dijadikan sebagai bahan belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya. Bisa dijadikan sebagai bahan inspiratif buat mahasiswa supaya mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan dan juga kualitas mahasiswa dengan mengikuti UKM yang ada di kampus.

E. Ruang lingkup penulisan

Ruang lingkup dalam makalah ini membahas tentang peranan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai sarana belajar dan pengembangan diri bagi mahasiswa.



BAB II
GAMBARAN UMUM PENDIDIKAN TINGGI DI PROVINSI JAMBI

A. Pendidikan Tinggi di Provinsi Jambi

Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi dan dapat berbentuk Akademik, Politeknik, Sekolah Tinggi, Insitut, atau Universitas.

Di Provinsi Jambi terdapat sekitar 35 Perguruan Tinggi yang terdiri dari perguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta. Di provinsi Jambi hanya ada beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 
Di kota jambi ada sekitar 22 perguruan tinggi yaitu

Akademi Bahasa Asing Jambi
Akademi Bahasa Asing Nurdin Hamzah
Akademi Kebidanan Keluarga Bunda Jambi
Akademi Kebidanan Prima Jambi
Akademi Keperawatan Jambi
Akademi Keperawatan Prima Jambi
Akademi Keperawatan Setih Setio
Akademi Sekretari Dan Manajemen Jambi
Akademi Telekomunikasi Indonesia
IAIN Sultan Thaha
Politeknik Jambi
Politeknik Kesehatan
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambi
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Jambi
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Dinamika Bangsa
Sekolah Tinggi Teknologi Nasional
STISIP Nurdin Hamzah
STMIK Nurdin Hamzah
Universitas Batanghari Jambi
Universitas Jambi

Dibangko ada sekitar 3 perguruan tinggi
Akademi Kebidanan Merangin
STKIP YPM Bangko
Akademi Kebidanan Amanah Muara Bungo

Di Muara Bulian ada sekitar 3 perguruan tinggi yaitu
Akademi Manajemen Koperasi Graha Karya
STTIE Graha Karya Muara Bulian
STIP Graha Karya

Di Muara Bungo ada sekitar 2 perguruan tinggi yaitu
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio
Universitas Muara Bungo

Di Sungai Penuh ada sekitar 5 perguruan tinggi yaitu
Akademi Keperawatan Bina Insani Sakti
AMIK Depati Parbo Kerinci
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci
STIA Nusantara Sakti Sungai Penuh
STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

Di Rimbo Bujang ada 1 perguruan tinggi yaitu
Akademi Akuntansi Dan Manajemen Pembangunan


Minimnya PTN di provinsi Jambi membuat sebagian orang beralih ke Perguruan Tinggi Swasta yang relatif mahal biaya pendidikannya dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri dan ada juga sebagian orang tidak melanjutkan pendidikannya karena masih mahalnya pendidikan tinggi. Hal inilah yang menjdi salah satu faktor terhambatnya kualitas pendidikan di provinsi Jambi.

Walaupun demikian hampir setiap perguruan tinggi memiliki sebuah wadah untuk untuk mahasiswanya mengembangkan keterampilan dan kemampuannya guna meningkatkan mutu pendidikan di provinsi Jambi yang dikenal dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UKM sebagai wahana merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler di tingkat perguruan tinggi yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa serta pengabdian kepada masyarakat.

BAB III
UKM Sebagai sarana Belajar dan Pengembangan Mahasiswa STIKOM DB Jambi

A. Pengertian UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan kegiatan ekstrakurikuler atau aktivitas non-akademik yang ada dalam perguruan tinggi untuk melatih kemampuan atau keterampilan mahasiswa dalam suatu organisasi. Di dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) para mahasiswa bisa lebih bebas mengapresiasikan kegemarannya.

Sebagai seorang mahasiswa, kita layak untuk memanfaatkan unit kegiatan mahasiswa (UKM) tersebut sebagai sarana pengembangan diri. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika kita meluangkan waktu untuk belajar di UKM tersebut, tentunya sesuai minat kita.

B. Tujuan dan Manfaat UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan tempat untuk mengasah kemampuan dan juga keterampilan mahasiswa. Bagi UKM itu sendiri, dengan adanya UKM itu akan mempererat hubungan UKM dengan dunia kampus serta terbantunya masalah UKM karena adanya pertukaran ilmu/pengetahuan dalam UKM tersebut.

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) ini selain untuk menghilangkan rasa jenuh karena rutinitas kuliah, juga banyak sekali sisi positif yang bisa diambil salah satunya dengan mengikuti UKM ini kita akan mengetahui atau bahkan mengenl mahasiswa dari jurusann lain lebih banyak. Lebih banyak teman memungkinkan kita untuk lebih bisa banyak lagi mendapatkan berbagai info yang mungkin berguna untuk kita nantinya.


C. Jenis-jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di STIKOM DB JAMBI

Di STIKOM DB Jambi terdapat beberapa jenis unit kegiatan mahasiswa seperti, UKM multimedia, robotic, programming, basket, sepak bola, musik dan lain-lain. Tetapi hanya beberapa UKM saja yang masih aktif dalam melakukan kegiatan UKM itu sendiri. Misalnya, UKM multimedia, robotic, basket, dan sepak bola.



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi

Di STIKOM DB Jambi, UKM multimedia terbagi menjadi empat bagian yaitu Desain Grafis, Animasi, Editing Audio dan Video, dan Photographer. Keempat bagian tersebut sangatlah berkaitan satu sama lainnya. UKM Multimedia bertujuan agar mahasiswa dapat melatih kemampuan atau keterampilannya dibidang multimedia. Banyak sekali manfaat dari multimedia itu. “Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Didunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran, atau media persentasi baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri” (Darma,2009:1)

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Multimedia diikuti oleh mahasiswa STIKOM dari berbagai jurusan dan juga dari berbagai angkatan. Kebanyakan yang mengikuti UKM multimedia ini adalah dari jurusan Teknik Informatika (TI) terutama mahasiswa baru.

Di UKM Multimedia ini mahasiswa belajar bagaimana mengerti dan praktik dalam kegiatan Multimedia tersebut, misalnya dalam pembuatan desain brosur, spanduk, editing foto, editing video, membuat desain website, membuat animasi, dan lain-lain. Dalam UKM Multimedia para mahasiswa dipandu oleh pemateri yang berpengalaman dibidang multimedia, salah satunya pak Nur Hadi, S.Kom yang juga merupakan dosen STIKOM DB Jambi yang mengajar mata kuliah desain grafis. Selain materinya diajarkan oleh pemateri yang sudah berpengalaman di UKM Multimedia ini mahasiswa juga saling berbagi ilmu guna menambah wawasan antar mahasiswa yang belum di dapatkan dari pemateri.

Di STIKOM DB Jambi, UKM Multimedia dilaksanakan pada hari minggu dan terjadwal secara rutin sehingga tidak mengganggu kegiatan akademik. Untuk meningkatkan kualitas anggota UKM Multimedia, banyak diadakan lomba-lomba agar menambah kemampuan sekaligus menambah pengalaman baru anggota UKM Multimedia akan lomba tersebut. Misalnya, lomba desain membuat brosur atau poster yang diadakan di Jamtos tanggal 20 Februari 2012 dan juga lomba photographer.

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Multimedia tersebut sangat membantu bagi mahasiswa apalagi ada materi yang berhubungan dengan mata kuliah di ajarkan di UKM. Misalnya mata kuliah desain grafis, pasti UKM Multimedia ini sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan nilai akademik mahasiswa.



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Robotic

Robotika adalah salah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.

Robotika merupakan salah satu bagian dari bidang AI atau Artificial Intelligence yang mereprosentasikan tujuan akhirnya membangun satu atau lebih agen intelegensi yang disituasikan dengan dunia nyata dan melakukan interaksi dengan lingkungannya dalam berbagai cara yang beranekaragam, sebagaimana yang dilakukan oleh manusia pada umumnya.(Fadlisyah,2008:5)

Di STIKOM, unit kegiatan mahasiswa (UKM) robotic di ikuti oleh mahasiswa STIKOM dari berbagai jurusan tetapi yang banyak mengikuti UKM robotic tersebut adalah dari jurusan Sistem Komputer (SK) karena UKM Robotic tersebut sangat erat hubungannya dan sangat mendukung jurusan Sistem Komputer. Dalam UKM Robotic itu sendiri, mahasiswa di arahkan untuk bisa membuat robot, merakit komponen robot itu sendiri dan juga membuat program untuk robot tersebut.

Seperti halnya UKM Multimedia, UKM Robotic selalu mengadakan kontes robot untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas anggota UKM dan juga untuk menambah pengalaman baru tentang dunia robotika. Misalnya kontes robot yang di adakan di Jamtos tanggal 20 Februari 2012.


BAB IV
PENUTUP

A. Simpulan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan kegiatan ekstrakurikuler atau aktivitas non-akademik yang ada dalam perguruan tinggi untuk melatih kemampuan atau keterampilan mahasiswa dalam suatu organisasi.

Di STIKOM DB Jambi terdapat banyak Unit Kegiatan Kampus (UKM) salah satunya UKM Multimedia yang sangat banyak peminatnya baik mahasiswa dari jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, maupun dari jurusan Sistem Komputer.



B. Saran

Sebagai seorang mahasiswa yang ingin meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan juga keterampilannya, maka mahasiswa bisa meluangkan waktunya untuk mengikuti UKM yang ada dikampus tentunya sesuai dengan minatnya, karena banyak hal positif yang bisa kit dapatkan di UKM tersebut


DAFTAR PUSTAKA

Anonim.“Daftar PTS Propinsi.” http://www.pts.co.id/?q=daftar-pts-propinsi&propinsi=Jambi (diakses 14 Februari 2012)
Anonim.“Jumlah Fakultas, Mahasiswa dan Tenaga Edukatif Reguler dan Ekstensi Lingkungan Dinas Pendidikan Tinggi di Provinsi Jambi, 2009.”http://jambi.bps.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=62:jumlah-fakultas-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-reguler-dan-ekstensi-lingkungan-dinas-pendidikan-tinggi-di-provinsi-jambi-2009&catid=31:pendidikan&Itemid=69 (dikses 17 februari 2012)
Darma. 2009. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Jakarta: Media Kita
Fadlisyah. 2008. Robotika Reasoning, Planing, Learning. Yogyakarta: Graha Ilmu




BIODATA PENULIS



Nama : Ahmad Rifa’i
TTL : Kuala Tungkal, 06 Juli 1993
Hobby : Desain Grafis, sepak bola
Cita-cita : Programmer yang profesional, web designer
Akademik :
- TK pembina kuala tungkal

- SD N 18 kuala tungkal

- MTsN kuala tungkal

- MAN 2 Kuala Tungkal

- Letal Computer

- STIKOM DB jambi









1 comments: